Kamis, 04 Oktober 2012

Tugas Etika Profesi Akuntansi

-->
Apa berbedaa dari Etika dan Etiket ?

Jawab : Jadi di dalam kehidupan masyarakat, itu istilah etika dan etiket bukanlah hal yang baru karena kita sangat sering mendengarnya. Dua kata ini mempunyai arti yang berbeda walaupun banyak orang yang menyamakannya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami pengertian tersebut dengan baik sehingga tidak perlu ada kesalahan dalam pemahaman tersebut. Etika adalah suatu bidang ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan buruk. Disini kita tahu bahwa etika berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Sedangkan etiket adalah suatu ajaran tentang sopan santun yang perlu kita lakukan dalam pergaulan. Etiket ini sangat penting artinya bagi orang-orang yang tinggal berkelompok dengan yang lainnya
Apa yang dimaksud Etika profesi akuntansi langsung ?
Jawab : Profesi akuntansi mengalami krisis kepercayaan karena banyak kegagalan etika. Karena itu ditekankan pentingnya para akuntan profesional agar meningkatkan perilaku etis dalam bentuk pengambilan keputusan etis. Hal ini dapat dimulai sejak awal memulai karir bahkan sebelum memasuki profesi tersebut yaitu pada saat menempuh pendidikan akuntansi. Pada konteks mahasiswa, pengambilan keputusan etis atas dilema etika akuntan sebatas pada persepsi dalam mengevaluasi pengambilan keputusan etis atas kasus-kasus etika yang didapatkan pada perkuliahan. Faktor intern yaitu orientasi etika idealisme, relativisme dan penilaian komitmen profesional, serta faktor ekstern yaitu pembelajaran etika akuntansi dipilih dalam penelitian ini untuk menguji keterkaitan dengan pengambilan keputusan etis.
            Faktor-faktor yang mempengaruhi pelanggaran etika ?
Jawab :
Kebutuhan individu
Korupsi alasan ekonomi
• Tidak ada pedoman
Area “abu-abu”, sehingga tak ada panduan
• Perilaku dan kebiasaan individu
Kebiasaan yang terakumulasi tak dikoreksi
• Lingkungan tidak etis
Pengaruh dari komunitas
• Perilaku orang yang ditiru
Efek primordialisme yang kebablasan
Sebutkan jenes-jenis etika ?
Jawab : A. Etika umum adalah etika yang membahas tentang kondisi-kondisi dasar bagaimana manusia itu bertindak secara etis.

B. Etika khusus adalah penerapan moral dasar dalam bidang kehidupan yang khusus misalnya olah raga, bisnis, atau profesi tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar